Selasa, 09 September 2014

Jenis Penyakit Wasir


klinik wasir

Jenis penyakit wasir ada 2 macam, yaitu wasir luar atau yang biasa disebut juga dengan wasir eksternal dan wasir dalam yang biasa disebut juga dengan wasir internal. Seperti apa perbedaannya? Berikut informasinya

Sejarah Penyakit Wasir

Menurut catatan sejarah Pada mulanya istilah wasir pertama sekali dinyatakan oleh orang Mesir. Awal istilah ini dinyatakan telah ditulis di dalam sebuah papirus pada sekitar tahun 1700 SM. Kemudian, Pada abad ke-11 , di negara Inggris memiliki catatan yang menunjukkan bukti bahwa telah dilakukan pembedahan untuk melakukan pengobatan wasir.

Pada saat ini, telah dikenal ada 2 jenis penyakit wasir, yaitu wasir Internal dan juga wasir  eksternal.  Wasir atau hemorrhoids dapat di kategorikan menjadi dua kelompok yaitu wasir internal dan wasir eksternal. Wasir internal adalah ketika wasir dimulai dari dalam saluran anus. Sementara wasir eksternal berasal dari daerah sekitar anus.

Wasir internal

Wasir internal yang terjadi tepat di atas jalur dentate, dimana pada daerah ini adalah daerah ano-rektal yang ditutupi dengan banyak lapisan ( epitel kolumnar ). Wasir internal menimbulkan rasa sakit di alam anus. Pengobatan ambeien internal ini cukup sulit, karena dibutuhkan  alat khusus untuk melihat kebagian dalam anus. Tahap awal dari wasir internal adalah dengan timbulnya rasa gatal-gatal di daerah anodermal . Namun, apabila Anda mengeluh karena timbul rasa nyeri kemungkinan besar Anda keliru mengenai penyakit Anda, kemungkinan besar Anda menderita wasir external.

Wasir Internal dapat dibagi menjadi 4 tingkat, yaitu:
  • Tingkat I: Wasir hanya berdarah saja, tetapi tidak keluar
  • Tingkat II: Wasir keluar dan bisa masukkan dengan sendirinya, baik berdarah atau tidak
  • Tingkat III: Wasir keluar dan harus ditolak kembali ke dalam dengan jari, baik berdarah atau tidak
  • Tingkat IV: Wasir keluar dan tidak dapat langsung dimasukkan kembali

Wasir eksternal

Wasir eksternal sering menyebabkan penderitanhya merasa keliru untuk masalah ano-rektal lainnya. Orang berpikir bahwa mereka sudah memiliki wasir jika ada kesulitan buang air besar berhubungan dengan nyeri dan timbul darah ketika buang air besar, itu bisa menjadi sesuatu yang lain seperti kanker kolorektal atau kolitis. Sangat disarankan agar kita mencari informasi medis dari dokter yang berpengalaman sebelum mengambil keputusan tindakan pengobatan.

sumber : klinik wasir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar